keadilan / adil

Standard

KEADILAN / ADIL
 Devinisi / Pengertian ::
Adil adalah menempatkan sesuatu sesuai posisinya dan tidak ada yang dirugikan.
Keadilan adalah kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik menyangkut benda atau orang. Keadilan adalah mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban sesuai porsi dan aturan yg berlaku tanpa memandang sisi agama,ekonomi,sosial,dan golongan.

 Contoh kasus ::
orang tua memberi uang saku anaknya, dan kebetulan punya 3 anak. Sulung kelas 3 SMA, tengah kelas 1 SMP dan si Bungsu kelas 6 SD. Orang tua harus memberikan uang saku sesuai dengan kebutuhan anak mereka. Si sulung Rp 15.000, karena si sulung sudah SMA dan banyak mengeluarkan biaya. Si tengah Rp 10.000, karena dengan tinggkat kebutuhannya. Si bungsu Rp 5.000, karena si bungsu masih kelas 6 SD, dan uang segitu ditabung separo oleh si bungsu. Dari kasus tersebut orang tua telah adil dalam memberikan uang saku anaknya sesuai dengan kebutuhan mereka.

 Analisis ::
Dari kasus tersebut maka keadilan dan adil hamper sama definisinya yaitu mendapatkan hak dan kewajibannya sesuai dengan porsi kebutuhan oaring tersebut, seperti contoh kasus yang sudah dijelaskan diatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s